Postingan Populer

Rabu, 20 Desember 2017

Santirah

Oleh : Adya Puspita


BOSAN DENGAN PANTAI? YUK KE SANTIRAH!

Selain Pantai
Liburan ke Pangandaran? Pasti yang terlintas pertama kali di pikiran kalian adalah pantai, ikan asin, rawan gempa, tsunami, green canyon, dan pantai lagi. Tapi jangan salah gengs! Pangandaran sangat tergolong aman untuk daerah wisata, selain itu wisatanya juga bukan hanya Pantai dan Green Canyon loh! Bagi kalian yang bosan dengan pantai, dan ingin merasakan adrenalin dan segarnya air sungai, kalian bisa mendapatkannya di Santirah.

Santirah?
Santirah sendiri merupakan nama sungai atau curug yang terletak di Dusun Karangmukti, RT. 05 / RW. 08, Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Kenapa namanya Santirah? Jadi begini ceritanya, dahulu kala ada seorang gadis desa yang cantik jelita bernama Nyai Santirah. Ia memikat begitu banyak pemuda desa, namun nasib buruk menimpa Nyai Santirah. Ia dibunuh dan diperkosa oleh seorang pemuda yang dia tolak cintanya, lalu jasad Nyai Santirah dibuang ke salah satu curug yang berada di Sungai. Hingga sekarang, curug dan sungainya biasa dikenal dengan “Santirah”.
Santirah menjadi destinasi wisata mulai tahun 2014, para pemuda-pemuda karang taruna Desa Selasari melihat potensi santirah  yang bisa menyaingi Green Canyon, sehingga di tahun 2014 dibukalah Santirah untuk umum dan resmi dijadikan sebagai destinasi wisata.

Foto by cumilebay.com

Jauh nggak si?

            Tenang saja gengs! Santirah tidak terlalu jauh, jaraknya hanya 15km dari pusat kota Pangandaran, dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Jalan menuju Santirah juga sudah bagus dan mulus, bisa dilalui oleh roda doa maupun roda empat.

Ada apa di Santirah?

Air yang berwarna hijau kebiruan atau tosca, arus air yang bervariasi, jeram yang menantang, membuat Santirah pantas dikenal dengan obyek wisata yang semi ekstrem, grade untuk sungainya sendiri hanya di grade 1-2 . Himpitan tebing yang menjulang tinggi, pepohonan yang rindang dan nyaman, juga jeramnya yang membuat adrenalin meningkat merupakan paket lengkap river tubing yang disajikan Sungai Santirah.

Foto by travelpangandaran.com

River tubing yaitu kegiatan menjelajahi sungai dengan ban dalam mobil truk. Selain River tubing, di beberapa titik kalian juga di ajak melakukan body rafting dimana arusnya tidak begitu deras. Body rafting sendiri yaitu berenang menyusuri aliran sungai tanpa menggunakan ban, let it flow guys. Hal tersebut aman dilakukan mengingat kedalaman air di sungai Santirah cukup bervariasi, mulai dari 10 cm hingga 8 m.

Foto by touristama.com

Bedanya Santirah dengan yang lain?
            Santirah tentu sangat berbeda dengan Green Canyon maupun Citumang. Meski sama-sama menawarkan body rafting dan river tubing, Santirah memiliki daya tarik sendiri. Sungai yang tidak telalu lebar dan diapit oleh tebing-tebing yang indah nan elok tentu menjadi daya tarik sendiri. Selain itu, Santirah juga menyajikan bonus-bonus pemandangan eksotis yang hanya ada di Santirah, yakni :
1.      Menerjang 3 riam dan jeram yang bisa membuat hormon adrenaline kalian meningkat!

2.      Melintasi lorong waktu dengan masuk ke empat Goa! Selama perjalanan, kalian tidak hanya menikmati derasnya aliran sungai. Kalian juga akan diajak melintasi empat Goa yang menghadang di sepanjang Sungai Santirah. Goa Gendang dengan panjang 10 meter, Goa Panjang Santirah dengan panjang 100 meter, Goa Lengkob dengan panjang 8 meter, dan Goa Uling dengan panjang 10 meter.
3.      Sepanjang perjalanan, kalian akan menemukan 5 curug yang siap memukau dan membuat terkagum-kagum! Kelima curug tersebut yaitu curug  Tirai, curug  Batu Munding, Curug Kembar, Curug Mini, dan Curug Tiga.
4.      Bisa dijadikan alternatif jika Green Canyon dan Citumang sedang banjir/airnya kurang bersahabat. Karena Santirah sendiri letaknya lebih hulu daripada kedua sungai tersebut.


  Foto by pangandaran.xyz

 Uji nyalimu!
            Dan yang wajib kalian coba jika kalian berkunjung ke santirah saat melakukan river tubing yaitu mencicipi spot untuk terjun dari ketinggian! Uji nyali kalian dengan melompat dari tebing ketinggian 8m dan rasakan sensasi senam jantungnyaaa.

                                                            Foto by cumilebay.com

Biaya? Don’t worry!
            Untuk biaya sendiri, terdapat dua paket. Yaitu paket hemat dan paket lengkap

Paket Hemat
Paket Lengkap
Harga Paket Rp.90.000,-
Harga Paket Rp.125.000,-
Jarak 2 Km
Jarak 2 Km
Durasi 2 Jam
Durasi 2 Jam
Minimal Peserta 5 Orang
Minimal Peserta 5 Orang
Fasilitas
          Fasilitas
Pelampung
Pelampung
Tubing (Ban)
Tubing (Ban)
1X Makan Siang
1X Makan Siang
Tiket Masuk Santirah
Tiket Masuk Santirah
Tas Dry Bag
Tas Dry Bag
Asuransi
Asuransi
-
Dokumentasi
















              











Tips dan trik!
Terakhir nih, penulis mau memberi tips dan trik kalau kalian ingin river tubing!
1.      Pastikan safety first ya! Pakai semua perlengkapan yang telah disediakan.
2.      Lihat cuaca, pastikan janagn saat hujan.
3.      Pakailah alas kaki yang nyaman (sandal).
4.      Pakailah pakaina yang nyaman.
5.      Ikuti kata pemandu.
6.      Jangan membawa alat-alat elektronik di saku kalian!

7.      Have fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar