Postingan Populer

Senin, 18 Desember 2017

Pepedan Hills

Oleh    : Ronaldo Saul Sumampouw
NPM   : 210110170143

Objek Wisata Pepedan Hills
          Apa yang terbesit dalam bayangan anda jika saya menyebutkan kata pangandaran? Jujur saya tidak mempunyai bayangan sama sekali, jika saya tidak mengenyam pendidikan disini mungkin sampai saat ini saya masih belum mengetahui dimana itu Pangandaran yang saya tahu hanya tempat wisata Green Canyon saja. Padahal jika kita telisik banyak sekali tempat wisata di daerah Pangandaran selain Green Canyon, salah satunya adalah tempat wisata yang akan saya ceritakan dalam esai perjalanan saya ini yaitu Pepedan Hills.


            Pepedan Hills adalah tempat wisata yang baru saja dibuka dan tidak memiliki nilai sejarahnya tetapi objek wisata yang satu ini tidaklah kalah menarik dengan objek wisata lain yang ada di Pangandaran. Karena di objek wisata ini kita dapat melihat perbukitan hijau sejauh mata memandang, tak hanya sampai disitu saja ditempat ini juga disediakan berbabagai macam spot yang sangat indah untuk di foto. Tetapi untuk sampai ketempat ini lebih baik kita menyiapkan fisik terlebih dahulu karena kendaraan tidak bisa sampai ke puncak Pepedan Hills oleh karena itu kita harus mendaki pundak Pepedan Hills kurang lebih 150-200 m. Dan semua rasa lelah itu saya yakin akan sirna setelah sampai di puncak Pepedan Hills.



Dan untuk selingan informasi tidak jauh dari Pepedan Hills masih terdapat beberapa tempat wisata menarik lainnya, ibarat peribahasa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” dan mulai awal tahun 2018 ini kampus Unpad di Pangandaran akan mulai dibangun. Oleh karena itu saran saya kalian harus mengunjungi tempat ini secepat mungkin karena nilai keindahan dari suatu objek wisata akan berkurang jika ramai pengunjung.



Pepedan Hills sendiri berada di Kecamana Pirigi, Kab. Pangandaran. Jika titik start kita dari terminal pangndaran jarak umtuk sampai ke objek wisata ini hanya berjarak 21 km dan  untuk aksesnya sendiri terbilang cukup mudah karena sebagian besar jalan yang kita lewati adalah jalan yang sudah bagus dan terdapat beberapa titik tempat saja yang jalannya masih tanah & berbatu. Walaupun seperti itu tenang saja karena akses ke Pepedan Hills sudah terkoneksi dengan Google Maps sehingga kita tidak akan tersesat diperjalanan. Tetapi sayangnya untuk transpotasi di Kab. Pangandaran sendiri masih terbilang cukup susah, maklum saya karena kota Kabupaten ini baru mengalami pemekaran wilayah beberapa tahun silam. Jadi saya sarankam untuk kalian untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa pada rental mobil/motor di daerah sekitar. Kembali lagi ke objek wisata Pepedan Hills untuk tiket masuknya sendiri dikenakan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 20.000,- untuk kendaraan roda empat. Disana juga terdapat beberapa warung kopi jika kalian sedang ingin beristiharat sejenak sembari menikmati pemandangan indah yang telah Tuhan berikan kepada kita.


Dan sekedar tips untuk kalian yang ingin ke tempat wisata di Pangandaran. Lebih baik kalian membawa kenalan kalian yang asli penduduk Pangandaran karena mayoritas tempat wisata disini masih dikelola oleh desa masing-masing sehingga terkadang harga yang diberikan kepada kita dapat berubah-ubah dan dapat menjadi tour guide kalian selama di Pangandaran.


            Oleh karena itu sangat disayangkan sekali jika kalian belum pernah “mencicipi” kekayaan wisata di Indonesia khususnya yang berada di Pangandaran. Saya Saul mahasiswa Ilmu Komunikasi Unpad Pangandaran mengundurkan diri. Sampai berjumpa di Pangandaran J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar