Postingan Populer

Kamis, 21 Desember 2017

Margacinta Desa Wisata

Oleh : Ade Fifi Sana
NPM : 210110170152


Desa Marga pake Cinta (Margacinta)

            Selamat pagi sobat readers dimanapun kalian berada, tidak peduli pagi atau siang, sore atau bahkan malam kalian membaca tulisan ini, tapi yang sudah pasti kalian harus merasakan atmosfir pagi yang selalu saya sukai. Sebab bagi saya hari selalu terasa seperti pagi, pagi yang cerah dengan sambutan mentari dari ufuk timur yang menyapa seraya berkata “Selamat pagi Fifi”, hehe..
            Kali ini, saya bercerita mengenai desa kecil di pelosok Pangandaran yang tak kalah indahnya dari tempat wisata Pangandaran lainnya . Sebelumnya, alangkah lebih baik kalau kita berkenalan terlebih dahulu. Langsung saja niiih, kenalin nih orang Pangandaran tulen yang biasa di panggil ‘Neng Fifi’, iya atuh ‘Neng’ kan orang sunda. Sim abdi eh Saya sedang menempuh kuliah pendidikan S1 prodi Ilmu Komunikasi di Universitas Padjadjaran PSDKU Pangandaran tercinta. Saya suka makan, suka membaca, suka melukis, suka menulis dan masih anyak lagi, hehe..


Ade Fifi Sana instagram : @adefifii_
Setelah kenalan sama Penulisnya, lanjut kenalan sama Kabupatennya yuk! Kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini baru berulang tahun yang ke-5 pada 25 Oktober lalu loh sobat, iya masih muda seperti penulisnya, hehe..

Pangandaran terletak di perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Timur. Kabupaten yang di lengkapi dengan Pantai dan Timur, dimana siapapun yang datang bisa menyaksikan Sunrise di pantai timur, menyebrang beberapa langkah ke bara, sorenya dapat menyaksikan Sunset yang indah di pantai barat.

Ini nih Peta letak Kabupaten Pangandaran.

Ini dia kota Pangandaran yang indah.

Setelah kenal kotanya, mari kita mengulas tentang perjalanan saya ke Desa Margacinta. Desa Margacinta adalah sebuah desa kecil di Kecamatan Cijulang, Pangandaran. Waktu tempuh ke Desanya dari pusat kota mungkin hanya sekitar 30menit, belum waktu tempuh ke daerah wisatanya di Margacinta.

Desa Margacinta

Banyak hal yang dapat kita lakukan di Margacinta loh sobat;
1.      Bagi yang menyukai olahraga ekstrim seperti motor trail, trek-trek di Margacinta nih recommended banget untuk di jelajahi. Terdapat trek lumpur dan batuan yang memacu adrenalin banget, tapi tolong jangan sendirian. Kasihan di lihatnya, mending ajak gebetan, hehe..


Wisata motor trail di Margacinta..

2.      Bagi yang gak suka wisata motor trail tenang saja, masih ada wisata lainnya seperti Bodyrafting. Nah sebelum sampai di sana,  kita melewati sebuah jembatan yang cantik banget. Ini nih..
Jembatan Merpati Pongpet by @dedaputra

Gimana? Jebatannya indahkan? Iya indah banget. Apalagi kalau kamu kesananya sama pasangan sudah di pastikan kamu tidak akan menyesal sobat.

Jembatan ini merupakan penghubung antara Dusun Cidawung dan Dusun Margajaya. Dengan panjang 80 meter, lebar 1,5 meter di ketinggian 100 meter. Tepat di bawah jembatan ini terdapat sungai yang mengalir dengan air yang jernih. Nah sungai ini yang di jadikan sebagai wahan rafting.
3.      Raftingan yuk! River Tubing? Kuy! Dimana yaaa? Di sini nihh...

Ini nih, tempat rafting yang cihuy di Margacinta, by @dedaputra

            Untuk Rafting Track Panjang : Rp 185.000
            Untuk Rafting Track Pendek  : Rp 150.000

            Di sini alamnya masih asri banget dan terlihat sendiri kan gimana hijaunya daun sama warna airnya yang jernih itu benar-benar menyatu. Seger banget pokonya, apalagi di siang hari yang terik, main air bareng dia. Pokoknya kalo ke sini jangan sendirian. Jangan. Pokoknya jangan.

4.      Kampung Badud
Di Desa ini kita menemukan sebuh kampung yang di sebut Kampung Badud, dimana terdapat kesenian sakral yang dapat di saksikan setelah Rafting.


Kampung Budaya Badud, Margacinta

            Badud itu sendiri sebenarnya merupakan ritual puji syukur terhadapa limpahan nikmat dari Tuhan. Di dalam pertunjukkan tersebut juga terdapat adekan teatrikal adegan masyarakat yang sedang mengusir hewan yang kerap mengganggu tanaman padi di barengi dengan suara tabuh dogdog dan angklung.

       Selain menyaksikan pertunjukkannya, kita juga dapat belajar angklung loh di sana.


  Ayo berkunjung ke Desa Marga pake cinta. Aku siap antar deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar