Postingan Populer

Minggu, 17 Desember 2017

Konservasi Penyu Pangandaran

KONSERVASI PENYU DI BATUHIU
 

Oleh    : Maya Andina Sunarya
NMP   : 210110170135

Kabupaten Pangandaran, sebuah kabupaten yang terkenal akan keindahan pantainya. Mulai dari pantai Pangandaran, Batukaras, sampai dengan pantai Madasari. Saking terkenalnya, banyak wisatawan baik local maupun mancanegara berkunjung ke Pangandaran. Namun, dibalik keindahan pantainya Pangandaran juga mempunyai tempat konservasi penyu.

Konsevasi penyu ini berada di pantai Batuhiu Kab. Pangandaran. Konsevasi ini sudah berdiri sejak tahun 1982 dan dikelola oleh satu satu orang dan keluarganya yang peduli akan kelestarian penyu. Menurut beliau peran pemerintah belum juga dirasakan.


Beliau dan teman-temannya berusaha menjaga agar penyu tidah punah dengan mendirikan koservasi ini. Cita-citanya sederhana yaitu ingin cucu dan cicitnya tahu apa itu penyu dan dapat melihatya secara langsung bukan hanya melalui gambar saja.

Saat kepenangkaran penyu ini kita tidak dipungut biaya apapun. Namun disana terdapat kotak yang bisa kita isi dengan uang seikhlasnya untuk membantu membeli makanan penyu-penyu disana. Jika beruntung maka kita dapat menyaksikan tukik-tukik yang di lepas ke laut.

Usaha beliau dalam menjaga ekosistem laut sudah sepatutnya mendapat dukungan dan perhatian dari kita. Karena dengan adanya konservasi ini dapat mengurangi kepunahan dari penyu-penyu itu. Jadi, marilah kita jaga penyu dari kepunahan agar generasi selanjutnya dapat melihat penyu secara langsung.


Sumber            : www.gogreencanyon.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar