Postingan Populer

Senin, 18 Desember 2017

Green Valley Citumang

GREEN VALLEY CITUMANG

Oleh  : M.Jhordy
NPM : 210110170137



            
       Pangandaran merupakan tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, atau orang-orang yang kita sayangi lainnya. Banyak wisatawan yang berkunjung setiap weekend nya untuk pergi berlibur. Biasanya para wisatawan akan mengunjungi dan mencoba destinasi wisata yang berbeda tiap kali mengunjungi Pangandaran. Bagaimana tidak, keindahan alam yang begitu indah terbentang luas di sepanjang daerah Pangandaran.

            Dari sekian banyak objek wisata yang ditawarkan, Pemandian Alam Citumang atau yang lebih dikenal sekarang sebagai Green Valley Citumang merupakan objek wisata yang mempunyai daya tarik eksotik. Air sungainya yang mengalir membelah hutan jati dengan air nya yang bening kebiruan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tepian sungainya terdiri dari bermacam  ornamen batu-batu padas bersama relung dan dihiasi relief alam serta aliran sungai yang telah menembus ke dalam goa.

            Dibalik keindahan Citumang tersebut, ternyata terdapat legenda yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Citumang berasal dari buaya buntung yang diberi nama Si Tumang. Kepercayaan warga terhadap buaya buntung tersebut begitu melekat hingga meninggalkan nama kepada sebuah sungai yang kita kenal sekarang sebagai Citumang.

         Naahh.. Green Valley Citumang ini ternyata lebih menonjol ke bodyrafting nya. Hal itu dikarenakan Citumang memiliki arus sungai yang cukup menantang dan adrenalin yang cukup memuaskan. Arus tersebut nantinya akan mengalir menembus terowongan atau goa yang terbuat dari batu-batu alami sehingga membuat alam lebih sejuk. Dengan begitu Green Valley Citumang ini seperti surganya bagi penikmat bodyrafting.





Menyenangkan bukan? Selain bodyrafting, wisatawan juga bisa sekedar bermain air di aliran sungai, atau di dekat air terjun mini yang ada di sana. Bermain bersama orang-orang terdekat tentu pastinya akan menjadi suatu pengalaman yang asik.





          
           Tunggu apa lagi, jadikan libur panjang kali ini suatu kesempatan untuk mencoba destinasi dari Green Valley Citumang ini. Dengan biaya Rp. 19.000,-/orang sudah bisa untuk masuk ke tempat wisata Citumang. Dan bila ingin mencoba bodyrafting cukup Rp. 175.000,-/orang sudah bisa merasakan arus dari Sungai tersebut.




            Objek wisata Citumang terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. 15 Kilometer kurang lebih dari Pangandaran Barat. Atau sekitar kurang lebih 4 Kilometer dari jalan raya-Cijulang.

            Bagi wisatawan luar daerah pangandaran, untuk mencapai Green Valley Citumang ini bisa dengan menggunakan kendaraan umum rute Cijulang. Lalu dilanjutkan dengan menaiki jasa ojeg, karena masuknya aga kedalam dari jalan utama. Setelah itu disambung dengan berjalan kaki menelusuri pinggir sungai serta kebun penduduk sepanjang 500 meter. Segi lain setelah melintasi pintu masuk, sekitar 300 meter perjalanan sudah dapat membawa kita ke titik yang dimaksud.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar