Postingan Populer

Rabu, 20 Desember 2017

Green Canyon


GREEN CANYON
Oleh    : Viriana Aulia Khadijah
NPM   : 210110170136

Holla Pangandaran!

Banyak sekali lokasi atau destinasi di Pangandaran yang sangat indah sekali, apalagi Green Canyon disana sudah tak asing lagi untuk dikunjungi para wisatawan. Para wisatawan pasti jatuh cinta dengan airnya yang jernih, sisi kanan dan kiri yang diapit oleh tebing-tebing yang hijau dan tentu keindahannya yang sangat luar biasa.


Anekatempatwisata.com

SEJARAH GREEN CANYON

Green canyon ( Cukang taneuh ) merupakan salah satu Wisata Alam yang berada di Provinsi Jawa Barat, terletak di Blok Cisereh, Desa Kertayasa, Kec. Cijulang kab. Pangandaran. Provinsi Jawa Barat.

Masyarakat setempat biasanya menyebutnya dengan nama cukang taneuh, yang berarti Jembatan Tanah, pertama kali ditemukan diera 90-an oleh Seorang Turis asing asal Prancis yang bernama "Bill Jhon". Sedangkan nama Cukang Taneuh sendiri dinamai oleh warga sekitar, karena di lokasi utama Green Canyon terdapat sebuah Jembatan Tanah ( batu ) yang menghubungkan kedua Tebing sungai, Dari jauh Jembatan itu menyerupai Mulut Gua.
  
 Pemandangan Ngarai itu langsung mengingat kan sang turis pada Grand Canyon, Ngarai di Arizona amerika yang membelah sungai Colorado. Seolah main pelesetan kata, si turis menyebutnya dengan kata green canyon. Kata "Green" berasal dari Air yang berwarna hijau dan "Canyon" berasal dari tebing yang menjulang tinggi ke atas.

                                                         Instagram: @Virianaakh

                Saya berkesempatan mengunjungi Green Canyon ini  bersama saudara-saudara saya, sesampainya di loket (di dermaga ciseureuh) saya berinisiatif untuk mencoba permainan ekstrim ini, yaitu body rafting. karena kami ingin mencobanya dan menikmati keindahannya tebing-tebing yang sangat hijau. So excited sekali, melihat pemandangannya sangat luas biasa, tebing-tebing yang menjulang tinggi keatas begitu hijaunya airnyapun sangat jernih. Bisa dilihat foto diatas begitu menikmatinya aliran air dan terlihat airnya pun sangat jernih. Tidak sama sekali menyesal untuk mengunjungi Green Canyon ini, malah ketagihan lagi untuk melompat dari atas batu, meraskan sensasi yang sangat luar biasa.



                              Tripadvisor.com                     

Tidak hanya difoto saja yang mendapatkan keindahan, asli dari tempat tersebut juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa sekali, terlihat dari cahaya-cahaya yang masuk dan mantul ke air yang sangat jernih membuat keindahannya bertambah.

                                                Anekatempatwisata.com

Untuk sampai pada green canyon ini terdapat dua pilihan, yang pertama adalah body rafting dan naik perahu, tetapi jika kita naik perahu kita hanya berenang di ujung sungai saja. Apabila kita ingin puas dengan melihat tebing-tebing yang permainan yang memicu adrenalin ini harus mencoba body rafting!


Untuk harga body rafting ini :
Paket Hemat
Paket Standart
Paket Lengkap
Harga Rp.185.000,-/Orang
Harga Rp.225.000,-/Orang
Harga Rp.250.000,-/Orang
Jarak 5 km
Jarak 10 km
Jarak 10 km
Durasi 2 – 3 Jam
Durasi 4 – 5 Jam
Durasi 4 – 5 Jam
Minimal 5 Orang
Minimal 5 Orang
Minimal 5 Orang
Fasilitas 
Fasilitas 
Fasilitas 
Pelampung
Pelampung 
Pelampung 
Helmet
Helmet
Helmet
Sepatu Karet
Sepatu Karet
Sepatu Karet
Kantong Dry Bag
Kantong Dry Bag
Kantong Dry Bag
Tiket Masuk Wisata
Tiket Masuk Wisata
Tiket Masuk Wisata
Transportasi Pick Up
Transportasi Pick Up
Transportasi Pick Up
River Guide
River Guide
River Guide
Makan Siang 
Makan Siang 
Makan Siang 
Sertifikat Body Rafting
Sertifikat Body Rafting
Sertifikat Body Rafting
Asuransi 
Asuransi 
Asuransi
-
-
Kelapa Muda
-
-
Dokumentasi Foto
Souvenir 
Souvenir
Souvenir 


Dan untuk harga naik perahu:
    Biaya Rp.150.000,- Per Orang ( Minimal Peserta 10 Orang )
Total Perjalanan :± 2 Jam

Fasilitas  :
1.       Jaket Pelampung
2.       Perahu Green Canyon
3.        Tiket Masuk Wisata Green Canyon
4.       River Guide ( Pemandu )
5.       Kelapa Muda
6.       Drybag ( Tas tahan air untuk bawa Camera
7.       Asuransi Jiwa


Location : Blok Cisereh desa Kertayasa Kec.Cijulang kab.Pangandaran. Provinsi Jawa Barat.
How to get there:

1.      Menggunakan perahu, dari dermaga ciseureuh untuk mencapai green canyon menggunakan perahu sekitar 15menit, menelusuri sungai cijulang. Diujung sungai kita bisa berenang dan bisa menikmati lompatan dari atas batu.
2.      Body rafting, dari dermaga ciseureuh menggunakan mobil pick up untuk sampai ke hulu sungai cijulang dilanjutkan dengan menelusuri sungai green canyon ini. Dari ujung sungai ke dermaga ciseureuh kita menggunakan perahu sekitar 15 menit.Saya sarankan untuk menikmati permainan ekstrim ini, karena sangat memuaskan sekali. Tetapi, sebaiknya anda berfikir ulang karena body rafting ini sejauh 5km memakan waktu 3-4 jam.

Tips and tricks:
1.      Jangan lupa memakai sunblock untuk menghindari sinar matahari langsung,
2.      Waktu yang pas untuk mendatangi green canyon ini pada saat musim kemarau, tidak lupa untuk berangkat pagi agar tidak terlalu panas dan supaya berangkat lebih awal. Apalagi ketika musim liburan penuh dengan para wisatawan lain. Just for information  hari jumat untuk body rafting tutup.
3.      Membawa uang cash karena pada saat ditengah perjalanan body rafting ada yang berjualan makanan disisi sungai (di batu-batuan) karena itu tempat peristirahatan dan hanya satu-satunya. Disarankan untuk membeli karena perjalanannya masih cukup jauh.
4.      Jangan lupa membawa kamera anti air (waterproof) karena disayangkan apabila kita tidak mengabadikan momen ini.



Sumber:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar