Postingan Populer

Senin, 11 Desember 2017

Gua Sutra Reregan

Ibnu Rizal Aqila
210110170139

Pangandaran, atau bisa disebut dengan daerah seribu goa karena di Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran terdapat gua yang tak kalah indah dengan goa – goa lainnya yang ada di Indonesia sekalipun, goa ini disebut dengan Goa Sutra Reregan. Di sebut Goa Sutra reregan ini karena goa ini ada banyak dan berdekatan, reregan dalam bahasa indonesia artinya adalah berdempetan/berdekatan karena di Goa Sutra Reregan ini ada 15 goa yang ba di masuki oleh para wisatawan diantaranya adalah :

1.       Goa Reregan
2.       Goa Panggung
3.       Goa Peteng
4.       Goa Panjang
5.       Goa Parat
6.       Goa Citalun
7.       Goa Panyipuhan



Sejarah dari goa Reregan ini dulunya untuk penyimpanan alat musik gamelan yang sudah lama ada sejak dulu oleh para leluhur yang ada di daerah sana yang hanya ada satu gamelan saja dan gamelan itu pun digunakan untuk keperluan masyarakat pada jaman dahulu untuk acara hajatan yang ada di sekitar daerah tersebut tapi di suatu hari gamelan tersebut hilang. Selain itu goa reregan digunakan untuk bertapa dan merupakan tapak tilas dari Embah Gede, Nini Gede, Nyai Mayang Sari, dan Raden Priatna. Yang mana mereka adalah salah satu dari kerabat Sembah Agung yang ada Di Cijulang juga Aki Gede dan Nini Gede yang ada di goa gede Banjarsari.


Goa Sutra Reregan ternyata bukan goa bisa, pemandangan yang di sediakan oleh pencipta alam semesta ini sangatlah indah nan alami, suasana yang terdapat masih natural dan sangat terjaga karena goa ini di yakini sakral oleh penduduk setempat, dengan di tambah dengan perpaduan karst pembentuk stalgmit dan stalagtit yang menambah indahnya suasana alam inilah yang bisa menjadi aset untuk Kabupaten Pangandaran sendiri khususnya di bidang pariwisata. Masih banyak binatang – binatang yang tidak biasa di temukan di  goa ini seperti kelelawar, burung walet dan lain sebagainya. Goa ini juga bisa menjadikan tempat atau sarana edukasi karena jauh terlepas dari sejarah dengan mengenal keadaan sekitar yang ada di goa tersebut merupakan peninggalan jaman purbakala.
Konon di goa ini dulunya adalah tempat bersemedi para seniman atau sinden yang bisa memunculkan aura dan membersihkan juga memperhalu suara . Jadi tidak heran jika warga sekitar menganggap daerah itu menjadi sakral dan keramat.


Terlepas dari semua itu, goa Reregan ini mempunyai berbagai tempat rekreasi yang sangat spektakuler baik di perairan maupun pegunungan. Karena di Goa Reregan ini mempunyai aliran sungai yang lumyan panjang sehingga bisa digunakan untuk wisata air seperti arum jeram, body rafting sekedar berenang atau sekedar poto – poto . Untuk biaya refting di goa lanang ini cukup terjangkau yaitu 120k dengan minimal 5 orang dengan fasilitas dan sarana yang di sediakan seperti :

-          Pemandu
-          Makan 1x
-          Senter
-          Pelampung



Dan semua itu akan terbayar dengan apa yang di lalui di setiap perjalanan selama kita menikmatinya, gimana tidak menikmati sungguh anugrah tuhan yang sangat indah dan luar biasa yang berada di Indonesia sendiri yang tidak jauh dengan keindahan alamnya. Pokoknya gak bakalan nyesel kalau berekreasi di daerah seribu goa ini, tidak cukup satu hari untuk menelusuri semuanya.








Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar