Postingan Populer

Rabu, 20 Desember 2017

Pantai Batu Hiu

PANTAI BATU HIU
Oleh : Khilda Rosyidah
NPM : 210110170144

Siapa sih yang tidak tau Pangandaran? Apa sih yang banyak orang pikirkan jika mendengar Pangandaran?. Pangandaran dikenal dengan banyaknya objek wisata, wisata apa sih yang paling terkenal di Pangandaran? Ya, tentu saja Pangandaran terkenal dengan wisata pantainya. Banyak Pantai di Pangandaran yang dapat kita kunjungi, mulai dari Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Pantai Madasari, Pantai Karapyak, Pantai Batu Hiu, dan masih banyak lagi. Nah, Kali ini saya akan membahas mengenai Pantai Batu Hiu yang tak kalah indahnya dari pantai lainnya. Seperti apa sih Pantai Batu Hiu?, Yuk kita simak!

Sebelum membahasnya lebih lanjut, Pantai Batu Hiu memiliki sejarahnya juga lho, menarik kan! Langsung aja kita bahas yuk!

Sejarah Pantai Batu Hiu

Di sebelah utara bukit objek wisata Pantai Batu Hiu terdapat banyak peninggalan. Konon, peninggalan tersebut  adalah peninggalan tokoh-tokoh yang ada kaitannya bersama peristiwa Pantai Batu Hiu. Benar-benar terdapat legenda & mitos yang dihubungkan dengan pantai ini. 

Pada abad ke-11 banyaknya pasukan dari Mataram yang dipimpin oleh Aki & Nini Gede tiba di tempat yang sekarang disebut Pantai Batu Hiu lewat laut. Kala mendarat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di dekat bukit. Aki & Nini Gede selanjutnya memerintahkan pasukanu ntuk mencari makanan.  Salah satu prajurit yang bernama Ki Braja Lintang, memutuskan untuk mencari ikan di pantai dan menangkap seekor hiu. Di saat Aki & Nini Gede mengetahui berkaitan ini, mereka memerintahkan untuk melepaskan ikan kembali ke lautan. Tetapi sesudah kembali dilepas, ikan hiu tersebut beralih jadi suatu batu hitam besar yg berbentuk hiu dan tetap mampu di lihat sampai sekarang ini.
Saat ini batu hitam besar yang berbentuk seekor ikan hiu, sudah tidak terlihat jelas bentuknya.


Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu terletak di Kabupaten Pangandaran, yang berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Ke Pantai Batu Hiu dapat ditempuh  hanya dengan 20 hingga 30 menit dari Kecamatan Pangandaran.

Sumber : www.berduakelilingindonesia.com

Yuk, kita bahas Pantai Batu Hiu!
Saat kita datang, kita akan disuguhi pemandangan berupa patung ikan hiu. Patung tersebut berupa lorong untuk memasuki wilayah Pantai Batu Hiu.
Sumber : trivadvisor.co.id

Nah, setelah kita melewati lorong berupa ikan hiu tersebut kita akan menaiki tangga-tangga menuju lokasi. Di sana banyak pohon-pohon, dan rerumputan hijau menghampar, membuat siapa pun yang memandangnya akan terkagum-kagum.
Ini dia, pemandangan di Batu Hiu, indah kan!

Sumber : https://www.tempatwisatamu.com/tempat-objek-wisata-pantai-batu-hiu.html

Sumber : cahyohanendyo.com/wisata-pangandaran-batu-hiu.html

Air Laut Batu Hiu masih terlihat jernih, tetapi tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya besar dan banyak karang. Pantai Batu Hiu memiliki daya tarik tersendiri, dengan pemandangan alam yang begitu eksotis. Di sana terdapat tempat-tempat berteduh bagi para pengunjung dan banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan spot foto-foto. Yuk, bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke Pantai Batu Hiu, segeralah berkunjung! Karena banyak hal-hal menarik di sana J
Harga Tiket Masuk Batu Hiu
Bagi kalian yang berkunjung ke Pantai Batu Hiu, saya akan memberitahukan mengenai harga tiket masuk ke Pantai Batu Hiu adalah sebagai berikut :
-          Orang           : Rp.3.300,-
-          Motor            : Rp.7.000,-
-          Jeep               : Rp.19.500,-
-          Carry             : Rp. 36.000,-
-          L300              : Rp.51.500,-
-          Bis Kecil       : Rp.68.000,-
-          Bis Sedang    : Rp.106.000,-
-          Bis Besar       : Rp.172.000,-

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar