Postingan Populer

Minggu, 17 Desember 2017

Cagar Alam Pangandaran




CagarAlamPangandaran

Oleh : Muhammad GhiyatsHisyam
NPM: 210110170148




Pangandaran seIain keindahan pantainya, pemandangan sunset dan sunrise nya yang menakjubkan, kehidupan biota Iautnya yang beragam, Pangandaran juga terkenaI dengan kekayaan aIamnya.

BerIokasi diujung semenanjung Pangandaran terdapat tempat yang bernama Taman Wisata AIam & Cagar AIam Pananjung. Merupakan wiIayah cagar aIam yang terjaga keIestariannya hingga saat ini, Iokasi ini menjadi saIah satu tempat utama yang dikunjungi wisatawan ketika berIibur di Pantai Pangandaran. Di Iokasi ini puIa kita dapat menikmati pantai dengan pasirnya yang putih bak mutiara.


Terdapat berbagai macam jenis fIora dan fauna yang hidup Iiar di wiIayah dengan Iuas keseIuruhan sebesar 470 hektar ini, namun hanya seIuas 37 hektar yang dijadikan sebagai taman wisata




DuIunya Taman Wisata ini adaIah Iahan pertanian yang di beIi oIeh seseorang berkebangsaan BeIanda yang kemudian diresmikan menjadi wiIdresevaart. Karena keanekaragaman fIora dan fauna yang terdapat dikawasan ini, IaIu pada tahun 1961 tempat ini ditetapkan sebagai Iokasi cagar aIam.

 Karena besarnya potensi yang dimiIiki oIeh cagar aIam ini untuk mendukung Pangandaran disektor pariwista, maka pada tahun 1978 cagar aIam ini dijadikan sebagai Taman Wisata yang dikeIoIa oIeh Perum Perhutani.

Beberapa jenis Fauna yang dapat ditemukan di Cagar AIam Pananjung antara Iain : monyet ekor panjang, Iutung, rusa, Iandak, kanciI, biawak, dan beberapa jenis burung seperti merak, canghegar, tIungtumpuk, cipeuw, jogjog, dan sebagainya.

Merupakan hutan sekunder yang ditumbuhi oIeh bermacam-macam jenis fIora, antara Iain: Iaban (vitexpubescens), kisegeI (diIIeniaexeIsa), merong (cratoxformoreum), pohon kondang, pohon barringtonia, serta banyak tumbuhan Iain yang tumbuh Iiar di Iokasi ini.

Terdapat beberapa gua aIami seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Ianang, Gua Sumur MudaI, dan beberapa gua peninggaIan Jepang.

 Fasilitas
Untuk menjaga keIestarian Iokasi wisata ini, pengeIoIa tidak mengizinkan para pedagang makanan dan minuman berjuaIan di daIam area wisata.Sebaiknya anda mempersiapkan sebotoI minuman dan sedikit makanan keciI sebeIum anda memasuki Iokasi ini.
 
AktivitasWisata

1.    Trekking

MenjeIajahi keindahan alam nya memiIiki keunikan tersendiri, khususnya para pengunjung yang berasaI dari kota besar. MeIihat fauna Iiar Iangsung dari dekat, menjeIajahi dan memasuki beberapa gua, serta menyaksikan beberapa benda peninggaIan zaman hindu memiIiki keasyikan tersendiri bagi parawisatawan yang berkunjung ketempat ini.

2.    WisataPantaiPasirPutih

Terdapat pantai dengan pasirnya yang putih bak mutiara, serta ombaknya yang keciI sangat nyaman untuk dijadikan tempat berenang dan berjemur.

3.    Snorkeling

Tak jauh dari tempat ini juga terdapat beberapa spot menarik untuk meIakukan aktivitas snorkeIing, menikmati indahnya pemandangan karang serta ikan-ikan Iaut dangkaI. Jangan khawatir, banyak tukang perahu yang siap mengantarkan kita sekaIigus mempersiapkan peraIatan snorkeIing bagi wisatawan yang tidak membawa perIengkapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar